Halaman

Jumat, 30 Agustus 2019

Cara Menghapus Dual Boot Linux Ubuntu


Gan, pada saat ini dan hari ini juga, Saya akan membahas bagaimana sih menghapus Grub dan Menghapus boot Linux yang di dual boot kan dengan Window 7. Awalnya saya ingin mencoba install SO Lnux pertama saya yaitu Linux Ubuntu 11.04.Namun ini hanya coba-coba, setelah berhasil instal Ubuntu 11.04, Saya memantapkan untuk melakukan dual boot dengan SO asli saya yaitu Windows 7. Tetapi, setelah berpuas dan bersuka ria di SO Linux Ubuntu 11.04 saya ingin menhapus seluruh SO tersebut dan akhirnya di SO Windows 7, saya menghapus partisi Linix tsb di Disk Management. Yang terjadi saat Laptop saya di restart adalah tidak masuk ke SO Win 7 tetapi ada bacaan Grub Rescue. Nah bingung kan tuh ?

Saya harapkan baca hingga selesai terlebih dahulu jika ingin mempraktekkan cara ini. Booting komputer dari CD/DVD.
  1. Pada menu Repair masuk ke pilihan Command Prompt. Gimana sih cara nya masuk ke Command Prompt, tapi SO nya gak muncul. Cara nya yaitu dengan memasukan CD instalasi Windoows 7 kita, pada menu awal kita jangan memilih install tapi kita pilih Repair. nah pada menu repair tsb ada command prompt dan kita masuk dah ke CMD tsb.
  2. Untuk menghapus pilihan OS pada saat booting, ketikkan bootsect /nt60 C:
  3. Dan untuk mengembalikan booting primary pada windows 7, ketikkan bootrec /fixmbr
  4. Kemudian restart komputer.
  5. Dengan perintah tersebut booting hanya akan berlaku untuk windows 7 saja. Jadi tidak perlu memilih OS, karena komputer akan langsung memproses windows 7.
Lalu bagaimana dengan linuxnya? Booting untuk Ubuntu telah hilang, namun sistem dan file-filenya masih ada. Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan Disk Management yang ada pada windows 7. Pada Windows Explorer, drive yang kita gunakan untuk Ubuntu memang tidak terlihat, tetapi pada Disk Management seluruh drive yang ada akan muncul.
  1. Start, kemudian klik kanan pada Computer dan klik Manage. (login dahulu sebagai administrator) 2.Untuk menghapus seluruh data Ubuntu, pada menu Disk Management klik kanan pada drive tempat Ubuntu diletakkan dan pilih Delete Volume
  2. Drive yang kita delete tersebut belum bisa kita gunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, klik kanan pada drive tersebut dan klik New Simple Volume
  3. Klik Next, dan tetapkan kapasitas yang akan digunakan, jika ingin menggunkan seluruh kapasitas drive langsung klik Next
  4. Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
  5. Pada Volume label tuliskan nama untuk drive tersebut, kemudian Next dan Finish. Seluruh langkah yang
Bila, gak berhasil dan masih gitu-gitu aj, coba anda tambahkan ".exe" pada akhir  bootrec .

sumber : http://a-wicaksono.blogspot.com/2012/04/cara-menghapus-dual-boot-linux-ubuntu.html


1 komentar: