Dalam pendidikaan kata metode di gunakan untuk
menunjukan serangkaian kegiatan guru yang terarah yang menyebabkan siswa
belajar. Metode dapat pula di anggap sebagai cara atau prosedur yang
keberhasilannya adalah di dalam belajar, atau sebagai alat yang menjadikan
mengajar menjadi efektif. Jika di anggap metode sebagai suatu proses maka akan
terdiri dari beberapa langakah. Berbagai langkah/ bagian dari suatu metode juga
di gunakan dan terdapat pada metode lainnya. Kombinasi antara bagia-bagian
tersebut merupakan tanggung jawab guru. Ia dapat menggabungkan atau memisahkan
bagian-bagian itu dalam memfungsikannya secara keseluruhan. Oleh sebab itu maka
metode merupakan salah satu aspek pokok dalam pendidikan dan merupakan masalah
sentral dalam mengajar.
Mengajar yang berhasil menurut penggunaan metode
yang tepat. Seorang guru tentu mempunyai metode dan seorang guru yang baik akan
memahami dengan baik metode yang di gunakannya sebab seperti sudah sering di
dengar bahwa tidak ada satu metode pun yang baik untuk semua mata pelajaran. Ia
harus mengetahui bukan hanya bahan atau materi pelajaran akan tetapi juga
masalah-masalah siswa, sebab melalui metode mengajar ia harus mampu memberi
kemudahan belajar kepada siswa dalam proses belajar.
Kata metode juga dalam pengajaran ips/ ss tidak
memiliki batas-batas pengertian yang jelas. Salah satu contoh dapat menjelaskan
masalah ini. Tanpa menugaskan terlebih dahulu sekelompok siswa di minta untuk
mendaftar metode-metode yang mereka ketahui. Jumlah metode akan bervareasi
antnara siswa yang satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan itu bukan berarti
bahwa siswa tidak memahami metode akan tetapi hal itu menunjukan kaburnya
pengertian kata metode. Bahkan mungkin tidak di bedakan antara metode dengan
teknik mengajar.
Mengajar dapat membantu siswa untuk memperoleh
sejumlah bahan pelajaran tertentu, gagasan-gagasan, keterampilan atau sifat.
Juga di asumsikan oleh guru bahwa siswa dapat mengasimilasikan dengan baik apa
yang telah di ajarkan kepada siswa. Namun dapat juga guru tidak mengajar tetapi
siswa tetap mempelajari sesuatu.
Itu berarti bahwa prosedur dapat diatasi dengan
menggunakan alat komunikasi yang paling mungkin. Siswa dapat saja mengamati
atau belajar sesuatu tanpa di kehendaki oleh guru. Guru tidak hanya sekedar
karena kehadirannya, tetapi ia dapat mengajar melalui hubungan dan interaksi
yang dia pelihara di kelas. Kata mengajar di sini di gunakan untuk menunjukan
proses belajar yang dilakukan secara sengaja dan bertujuan di sertai pedoman
yang sengaja di susun.
Materi selengkapnya tinggal download DISINI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar