BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
pendidikan tidak dapat lepas dari masalah pembelajaran, karena pembelajaran
merupakan inti dari proses peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan
kualitas pendidikan menunjuk pada upaya peningkatan kualitas proses dan hasil
belajar. Suatu system pendidikan di sebut bermutu bagi segi proses, jika
pembelajaran berlangsung secara efektif dan peserta didik mengalami
pembelajaran yang bermakna serta di tunjang oleh sumber daya yang memadai.
Keefektifan pembelajaran di gambarkan oleh hasil belajar yang di capai peserta
didik. Dengan kata lain, makin efektif pembelajaran yang di laksanakan, maka
makin meningkat dan baik hasil belajar peserta didik.
Upaya
pengembangan desain pembelajaran ini amat penting untuk dilakukan oleh seorang
pendidik. Esensi dari desain pembelajaran adalah merancang seperangkat tindakan
yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada kesituasi yang di inginkan.
Jelaslah bahwa fungsi desain pembelajaran merupakan fungsi yang sangat esensial
karena pengelolaan dan evaluasi pembelajaran pada hakekatnya tergantung pada
desain pembelajaran yang di buat oleh pendidik.
Perancangan
setiap kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara sistematik. Demikian pula
pengembangan bahan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan
evaluasi, baik proses maupun hasilnya. Secara nyata bentuk dari usaha-usaha
tersebut di tandai dengan perumusan kompetensi yang oprasional, pemilihan dan
penyusunan materi pelajaran yang akan di ajarkan dan konsisten dengan
kompetensi.
Keberadaan
computer yang telah meluas sampai tingkat sekolah dasar saat ini belumbanyak di
gunakan untuk meningkatkan prestasi. Seiring dengan pesatnya perkembangan media
informasi dan komunikasi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, telah
mengakibatkan pergeseran peran pendidik sebagai penyampai pesan/ informasi.
Pendidik tidak lagi bisa berperan sebagai satu-satunya sumber informasi bagi
kegiatan pembelajaran para peserta didiknya.
Saat
ini pendidik sudah mulai mendapatkan akses untuk menggunakan berbagai macam
produk teknologi guna meningkatkan efektifitas pembelajaran. Computer sebagai
salah satu produk teknologi dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu
pembelajaran dan memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat dimanfaatkan
dalam proses pembelajaran. Computer mampu menampilkan berbagai komponen media,
seperti video, gambar, teks, animasi, dan suara sehingga dapat merangsang lebih
banyak indra. Melalui video dan gambar, dapat di tampilkan kejadian nyata yang
berkaitan dengan materi yang di pelajari sehingga pembelajaran menjadi lebih
mudah memahami materi. Materi yang disajikan dengan animasi akan membantu
pemahaman materi serta belajar lebih menarik.
A.
Rumusan Masalah
Adapun
permasalahan yang akan penulis kupas dalam laporan ini yaitu : Bagaimana
membuat media pembelajaran berbasis computer menggunakan program html?
B. Tujuan
Tujuan
dari pembuatan laporan ini, yaitu : Membuat Pembelajaran Berbasis Computer
Menggunakan Program Html Pada Mata Pelajaran Biologi.
C.
Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari
pembuatan laporan ini, yaitu :
- Meningkatkan motivasi siswa
untuk lebih giat belajar karena kemudahan yang didapat dalam mempelajari
materi Biologi.
- Mendapatkan pengalaman yang menarik dalam belajar
Biologi melalui media pembelajaran berbasis computer dengan menggunalan
program html.
- Sebagai alat bantu mengajar mata pelajaran biologi.
- Merangsang kreativitas dalam mengembangkan media
pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar