Halaman

Minggu, 29 September 2019

Laporan Program HTML Sebagai Media Pembelajaran Biologi


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Masalah pendidikan tidak dapat lepas dari masalah pembelajaran, karena pembelajaran merupakan inti dari proses peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan menunjuk pada upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar. Suatu system pendidikan di sebut bermutu bagi segi proses, jika pembelajaran berlangsung secara efektif dan peserta didik mengalami pembelajaran yang bermakna serta di tunjang oleh sumber daya yang memadai. Keefektifan pembelajaran di gambarkan oleh hasil belajar yang di capai peserta didik. Dengan kata lain, makin efektif pembelajaran yang di laksanakan, maka makin meningkat dan baik hasil belajar peserta didik.

Upaya pengembangan desain pembelajaran ini amat penting untuk dilakukan oleh seorang pendidik. Esensi dari desain pembelajaran adalah merancang seperangkat tindakan yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada kesituasi yang di inginkan. Jelaslah bahwa fungsi desain pembelajaran merupakan fungsi yang sangat esensial karena pengelolaan dan evaluasi pembelajaran pada hakekatnya tergantung pada desain pembelajaran yang di buat oleh pendidik.
Perancangan setiap kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara sistematik. Demikian pula pengembangan bahan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi, baik proses maupun hasilnya. Secara nyata bentuk dari usaha-usaha tersebut di tandai dengan perumusan kompetensi yang oprasional, pemilihan dan penyusunan materi pelajaran yang akan di ajarkan dan konsisten dengan kompetensi.
Keberadaan computer yang telah meluas sampai tingkat sekolah dasar saat ini belumbanyak di gunakan untuk meningkatkan prestasi. Seiring dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, telah mengakibatkan pergeseran peran pendidik sebagai penyampai pesan/ informasi. Pendidik tidak lagi bisa berperan sebagai satu-satunya sumber informasi bagi kegiatan pembelajaran para peserta didiknya.
Saat ini pendidik sudah mulai mendapatkan akses untuk menggunakan berbagai macam produk teknologi guna meningkatkan efektifitas pembelajaran. Computer sebagai salah satu produk teknologi dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dan memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Computer mampu menampilkan berbagai komponen media, seperti video, gambar, teks, animasi, dan suara sehingga dapat merangsang lebih banyak indra. Melalui video dan gambar, dapat di tampilkan kejadian nyata yang berkaitan dengan materi yang di pelajari sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah memahami materi. Materi yang disajikan dengan animasi akan membantu pemahaman materi serta belajar lebih menarik.
A.      Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan penulis kupas dalam laporan ini yaitu : Bagaimana membuat media pembelajaran berbasis computer menggunakan program html?
B.     Tujuan
Tujuan dari pembuatan laporan ini, yaitu : Membuat Pembelajaran Berbasis Computer Menggunakan Program Html Pada Mata Pelajaran Biologi.
C.      Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari pembuatan laporan ini, yaitu :
  1. Meningkatkan motivasi siswa untuk lebih giat belajar karena kemudahan yang didapat dalam mempelajari materi Biologi.
  2. Mendapatkan pengalaman yang menarik dalam belajar Biologi melalui media pembelajaran berbasis computer dengan menggunalan program html.
  3. Sebagai alat bantu mengajar mata pelajaran biologi.
  4. Merangsang kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar