Halaman

Jumat, 06 September 2019

Cara Membuat Pemutar Musik Di Macromedia Flash



totorial diatas merupakan langkah sederhana untuk membuat pemutar musik. anda juga bisa menggunakan langkah lain untuk membut pemutar musik. adapun langkah-langkahnya, seperti dibawah ini :
  1. Buat 3 buah layer dengan memilih insert layer, beri nama masing – masing layer , box, tombol , action.
  2. Pada frame pertama layer action tekan F9dan Tuliskan kode ini mySound = new Sound();
  3. Pada Layer Box, gunakan rectangle tooluntuk membuat tempat meletakkan tombol – tombol. Atur ukuran dan warnanya sesuai selera anda.
  4. Pada layer tombol, drag tombol pada library yang telah dimasukkan tombol kedalamnya, yakni tombol play, stop, lagu, volume, dan balance. (tombol dapat dibuat dengan Insert-newsimbol-button, atau bisa juga dengan memilih dari windows-common libraries-button) Untuk memasukkan lagu ke library dapat menggunakan file-import-import to library. Disini saya hanya memasukkan 3 buah lagu.
  1. Setelah lagu masuk ke library, pada tiap – tiap lagu klik kanan-linkage-centang export for action script-centang export in first frameberi nama mulai dari lagu yang pertama dengan nama musik1, kedua dengan nama musik2, dan ketiga dengan nama musik3.
  2. Pada tombol stop masukkan kode ini:
          on (release) { 
    mySound.stop();
    }
  1. Pada tombol play:
          on (release) {
     mySound.start();
     }
  1. Pada tombol lagu1:
    on (release) {mySound.attachSound("musik1");
    mySound.stop();
    mySound.start(0,1)
    }
  1. Pada tombol lagu2:
    on (release) {mySound.attachSound("musik2");
    mySound.stop();
    mySound.start(0,1)
    }
  1. Pada tombol lagu3:
    on (release) {mySound.attachSound("musik3");
    mySound.stop();
    mySound.start(0,1)
    }
  1. Pada tombol volume klik 2x pilih layer 4 akan keluar syntax berikut:
    top = vol._y;
    left = vol._x;
    right = vol._x;
    bottom = vol._y+100;
    level = 100;
    //
    vol.onPress = function() {
    startDrag("vol", false, left, top, right, bottom);
    dragging = true;
    };
    vol.onRelease = function() {
    stopDrag();
    dragging = false;
    };
    vol.onReleaseOutside = function() {
    dragging = false;
    }; 
    //
    this.onEnterFrame = function() {
    if (dragging) {
    level = 100-(vol._y-top);
    } else {
    if (level>100) {
    level = 100;
    } else if (level<0)>
    level = 0;
    } else {
    vol._y = -level+100+top;
    }
    }
          sound.setVolume(level); 
    ganti dengan _root.mySound.setVolume(level);
    };
  1. Pada tombol balance klik 2x pilih layer 4 akan keluar syntax berikut:
    increment = 4;
    level = 0;
    //
    panKnob.onPress = function() {
    if (Key.isDown(Key.getCode(18))) {
    autoPan = true;
    } else {
    autoPan = false;
    start = _root._xmouse;
    newStart = panKnob._rotation;
    dragging = true;
    }
    };
    panKnob.onRelease = function() {
    dragging = false;
    };
    panKnob.onReleaseOutside = function() {
    dragging = false;
    };
    //
    this.onEnterFrame = function() {
    if (dragging) {
    pivot = (_root._xmouse-start)*2+newStart;
    panKnob._rotation = pivot;
    if (pivot<-135) {
    panKnob._rotation = -135;
    }
    if (pivot>135) {
    panKnob._rotation = 135;
    }
    level = Math.round(panKnob._rotation/1.35);
    } else {
    if (autoPan) {
    textInput.value.selectable = false;
    level += increment;
    if (level>99 || level<-99) {
    increment *= -1;
    }
    } else {
    textInput.value.selectable = true;
    }
    if (level>100) {
    level = 100;
    } else if (level<-100) {
    level = -100;
    } else if (level<=100 && level>=-100) {
    panKnob._rotation = level*1.35;
    }
    }
    sound.setPan(level); ganti dengan รจ_root.mySound.setPan(level);
    };
  1. Tekan Ctrl + Enter, project selesai.
Fungsi Masing – Masing Script:
  1. Tombol Volume
mySound = new Sound(); Mendefinisikan suara sebagai file suara baru.
vol._y; Sumbu vertical pada pendefinisian untuk tombol volume (atas bawah).
vol._x;  Sumbu Horizontal pada pendefinisian untuk tombol volume (kiri kanan).
vol.onPress = function() { Apabila di tekan tombol vol maka akan menjalankan suatu perintah.
startDrag("vol", false, left, top, right, bottom); mendefinisikan tombol “vol” apabila digeser akan bergerak keatas, bawah, kiri, kanan.
dragging = true; Mendefinisian perintah geser agar bisa dijalankan.
};
vol.onRelease = function() {
stopDrag(); Apabila dilakukan proses penekanan tombol, maka tombol akan
dragging = false; berhenti bergeser .
};
vol.onReleaseOutside = function() {
dragging = false; Melepaskan tombol vol diluar tombol vol tidak akan dapat melakukan perintah penggeseran tombol
this.onEnterFrame = function() {
if (dragging) {
level = 100-(vol._x-right);
} else {
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<0)>
level = 0;
} else {
vol._x = -level+100+right;
}
}

Proses pendefinisian seluruh perintah pada tombol “vol”apabila berada dalam satu frame yakni frame “vol”.
_root.mySound.setVolume(level); Memanggil file suara yang telah didefinisikan sebagai
“mySound”.
  1. Tombol Balance
panKnob.onPress = function() {
if (Key.isDown(Key.getCode(18))) {
autoPan = true;
Apabila tombol Panknob di tekan maka perintah yang dijalankan adalah nilai pendefinisian otomatis untuk setiap penggeseran tombol pan.

} else {
autoPan = false;
start = _root._xmouse;
newStart = panKnob._rotation;
dragging = true;
}
};
Jika tidak, pendefinisian nilai otomatis tidak akan berjalan, dan proses menggeser/perotasian tombol pan akan sesuai dengan arah mouse.

panKnob.onRelease = function() {
dragging = false;
};
Tombol Panknob dilepas maka proses peggeseran berhenti.

panKnob.onReleaseOutside = function() {
dragging = false;
};
Tombol Panknob dilepas diluar area tombol maka proses peggeseran berhenti.

this.onEnterFrame = function() { Pendefinisian seluruh perintah pada tombol panknob.
if (dragging) {
pivot = (_root._xmouse-start)*2+newStart;
panKnob._rotation = pivot;
if (pivot<-135) {
panKnob._rotation = -135;
}
if (pivot>135) {
panKnob._rotation = 135;
}
level = Math.round(panKnob._rotation/1.35);
} else {
if (autoPan) {
textInput.value.selectable = false; Tidak terjadi proses penampilan nilai
level += increment;
if (level>99 || level<-99) {
increment *= -1;
}
} else {
textInput.value.selectable = true; Menampilkan besar nilai pada tombol pan.
}
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<-100) {
level = -100;
} else if (level<=100 && level>=-100) {
panKnob._rotation = level*1.35;
}
}
_root.mySound.setPan(level); Memanggil file suara untuk didefinisikan kedalam tombol
}; pan/balance.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar