totorial diatas merupakan langkah
sederhana untuk membuat pemutar musik. anda juga bisa menggunakan langkah lain
untuk membut pemutar musik. adapun langkah-langkahnya, seperti dibawah ini :
- Buat 3 buah layer dengan memilih insert layer, beri
nama masing – masing layer , box, tombol , action.
- Pada frame pertama layer action tekan F9dan
Tuliskan kode ini mySound = new Sound();
- Pada Layer Box, gunakan rectangle tooluntuk
membuat tempat meletakkan tombol – tombol. Atur ukuran dan warnanya sesuai
selera anda.
- Pada layer tombol, drag tombol pada library yang
telah dimasukkan tombol kedalamnya, yakni tombol play, stop, lagu, volume,
dan balance. (tombol dapat dibuat dengan Insert-newsimbol-button,
atau bisa juga dengan memilih dari windows-common libraries-button) Untuk
memasukkan lagu ke library dapat menggunakan file-import-import to
library. Disini saya hanya memasukkan 3 buah lagu.
- Setelah lagu masuk ke library, pada tiap – tiap
lagu klik kanan-linkage-centang export for action
script-centang export in first frameberi nama mulai dari lagu yang
pertama dengan nama musik1, kedua dengan nama musik2,
dan ketiga dengan nama musik3.
- Pada tombol stop masukkan kode ini:
on (release) {
mySound.stop();
}
- Pada tombol play:
on (release) {
mySound.start();
}
- Pada tombol lagu1:
on (release)
{mySound.attachSound("musik1");
mySound.stop();
mySound.start(0,1)
}
- Pada tombol lagu2:
on (release)
{mySound.attachSound("musik2");
mySound.stop();
mySound.start(0,1)
}
- Pada tombol lagu3:
on (release)
{mySound.attachSound("musik3");
mySound.stop();
mySound.start(0,1)
}
- Pada tombol volume klik 2x pilih layer 4 akan keluar
syntax berikut:
top = vol._y;
left = vol._x;
right = vol._x;
bottom = vol._y+100;
level = 100;
//
vol.onPress = function() {
startDrag("vol", false,
left, top, right, bottom);
dragging = true;
};
vol.onRelease = function() {
stopDrag();
dragging = false;
};
vol.onReleaseOutside = function() {
dragging = false;
};
//
this.onEnterFrame = function() {
if (dragging) {
level = 100-(vol._y-top);
} else {
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<0)>
level = 0;
} else {
vol._y = -level+100+top;
}
}
sound.setVolume(level);
ganti dengan _root.mySound.setVolume(level);
};
- Pada tombol balance klik 2x pilih layer 4 akan keluar
syntax berikut:
increment = 4;
level = 0;
//
panKnob.onPress = function() {
if (Key.isDown(Key.getCode(18))) {
autoPan = true;
} else {
autoPan = false;
start = _root._xmouse;
newStart = panKnob._rotation;
dragging = true;
}
};
panKnob.onRelease = function() {
dragging = false;
};
panKnob.onReleaseOutside =
function() {
dragging = false;
};
//
this.onEnterFrame = function() {
if (dragging) {
pivot =
(_root._xmouse-start)*2+newStart;
panKnob._rotation = pivot;
if (pivot<-135) {
panKnob._rotation = -135;
}
if (pivot>135) {
panKnob._rotation = 135;
}
level =
Math.round(panKnob._rotation/1.35);
} else {
if (autoPan) {
textInput.value.selectable = false;
level += increment;
if (level>99 || level<-99) {
increment *= -1;
}
} else {
textInput.value.selectable = true;
}
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<-100) {
level = -100;
} else if (level<=100 &&
level>=-100) {
panKnob._rotation = level*1.35;
}
}
sound.setPan(level); ganti dengan รจ_root.mySound.setPan(level);
};
- Tekan Ctrl + Enter, project selesai.
Fungsi Masing – Masing Script:
- Tombol Volume
mySound = new Sound(); Mendefinisikan suara
sebagai file suara baru.
vol._y; Sumbu
vertical pada pendefinisian untuk tombol volume (atas bawah).
vol._x; Sumbu Horizontal pada pendefinisian untuk tombol
volume (kiri kanan).
vol.onPress = function() { Apabila di
tekan tombol vol maka akan menjalankan suatu perintah.
startDrag("vol", false,
left, top, right, bottom); mendefinisikan tombol “vol” apabila digeser akan bergerak keatas, bawah,
kiri, kanan.
dragging = true; Mendefinisian
perintah geser agar bisa dijalankan.
};
vol.onRelease = function() {
stopDrag(); Apabila dilakukan proses penekanan tombol, maka tombol akan
dragging = false; berhenti bergeser .
};
vol.onReleaseOutside = function() {
dragging = false; Melepaskan tombol vol diluar tombol vol tidak akan dapat melakukan perintah penggeseran tombol
this.onEnterFrame = function() {
if (dragging) {
level = 100-(vol._x-right);
} else {
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<0)>
level = 0;
} else {
vol._x = -level+100+right;
}
}
Proses
pendefinisian seluruh perintah pada tombol “vol”apabila berada
dalam satu frame yakni frame “vol”.
_root.mySound.setVolume(level); Memanggil
file suara yang telah didefinisikan sebagai
“mySound”.
- Tombol Balance
panKnob.onPress = function() {
if (Key.isDown(Key.getCode(18))) {
autoPan = true;
Apabila
tombol Panknob di tekan maka perintah yang dijalankan adalah nilai
pendefinisian otomatis untuk setiap penggeseran tombol pan.
} else {
autoPan = false;
start = _root._xmouse;
newStart = panKnob._rotation;
dragging = true;
}
};
Jika
tidak, pendefinisian nilai otomatis tidak akan berjalan, dan proses
menggeser/perotasian tombol pan akan sesuai dengan arah mouse.
panKnob.onRelease = function() {
dragging = false;
};
Tombol
Panknob dilepas maka proses peggeseran berhenti.
panKnob.onReleaseOutside =
function() {
dragging = false;
};
Tombol
Panknob dilepas diluar area tombol maka proses peggeseran berhenti.
this.onEnterFrame = function()
{ Pendefinisian
seluruh perintah pada tombol panknob.
if (dragging) {
pivot =
(_root._xmouse-start)*2+newStart;
panKnob._rotation = pivot;
if (pivot<-135) {
panKnob._rotation = -135;
}
if (pivot>135) {
panKnob._rotation = 135;
}
level =
Math.round(panKnob._rotation/1.35);
} else {
if (autoPan) {
textInput.value.selectable =
false; Tidak
terjadi proses penampilan nilai
level += increment;
if (level>99 || level<-99) {
increment *= -1;
}
} else {
textInput.value.selectable =
true; Menampilkan
besar nilai pada tombol pan.
}
if (level>100) {
level = 100;
} else if (level<-100) {
level = -100;
} else if (level<=100 &&
level>=-100) {
panKnob._rotation = level*1.35;
}
}
_root.mySound.setPan(level); Memanggil
file suara untuk didefinisikan kedalam tombol
}; pan/balance.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar