Halaman

Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Membuat Animasi Taman Matahari


Macromedia Flash adalah software yang banyak dipakai oleh desainer web karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta interaktifitas user. Macromedia Flash merupakan sebuah program aplikasi standart authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi objek atau text yang sangat menakjubkan untuk membuat suatu situs web yang interaktif, menarik dan dinamis. Software ini berbasis animasi vektor yang dapat digunakan untuk menghasilkan animasi web, presentasi, game, film, maupun CD pembelajaran interaktif.
Interaksi user dalam movie flash menggunakan Actionscript. Actionscript adalah suatu bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dipakai dalam Macromedia Flash 8,. Macromedia Flash 8 menyediakan fasilitas-fasilitas yang lebih banyak dan menarik yang akan membantu, mempermudah user dalam mempelajari atau menggunakan software ini dibandingkan dengan Flash versi sebelumnya. Animasi-animasi dapat dibuat dengan lebih sederhana, cepat dan lebih menarik menggunakan Flash MX karena adanya kelebihan yang dimiliki oleh Flash MX.


  1. Buka program flash 8
  2. Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels, dengan tekan Ctrl+j
 
  1. Ganti warna background menjadi warna biru #0099ff
  2. Buat 4 layer dengan nama : tiang, rumput hijau, kotak nama, dan matahari.
 
  1. Di layer rumput hijau klik rectangle tool. Untuk membuat rumput hjau dengan mendragnya seperti gambar di bawah ini. #009900

  1. Klik di frame 1 pada layer : tiang lalu gunakan rectangle tool lagi untuk membuat tiang penunjuk arah. Setelah selesai pembuatan tiangnya mak untuk pemberian garis tiang dan arah gunakan line tool setelah itu tekan tombol f8 dan beri nama tiang_mc
 
  1. Sekarang klik frame 1 pada layer : kotak nama. Ganti fill color menjadi warna putih dan strokenya hitam lalu tekan tombol f8 dan beri nama kotaknama_mc lalu copy menjadi 4 dan sesuaikan dengan gambar dan beri nama : lepo-lepo, baruga, mandonga, wua-wua.
 
  1. Klik frime 1 pada layer matahari ganti warna fill color menjadi #ffff00dan stroke di jadikan none gunakan rectangle tool untuk membuat perputaran matahari buat 8 kotak panjang seperti gambar di bawah lalu tekan f8 dan berinama sun_mc
 
  1. Klik 2 kali pada objek sun_mc dan akan terlihat seperti gambar ini
 
  1. Buat 1 layer lagi dan beri nama bulat. Klik di frame 1 layer : bulat dan klik oval tool untuk membuat objek lingkaran > insert keyframe dif rime 60 lalu klik kanan pilih create motion tween di frame 30.
 
  1. klik kiri frame 60 poada layer 1 dan pilih free transfom tool , pouter gambar searah jarum jam

  2. agar matahari terlihat di belakang pindahkan layer matahari dilayer paling bawah. Untuk membuat rumputnya gunakan line tool buat seperti gambar di bawah :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar