Halaman

Senin, 20 Juli 2020

Mengenal Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata jaringan berbasis luas (wan ) Apa itu Wan , Wide Area Network merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System ( AS ). Autonomous System suatu kelompok yang terdiri dari satu atau lebih IP Prefix yang tekoneksi yang dijalankan oleh satu atau lebih operator jaringan di bawah satu kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas. AS diperlukan bisa suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh. WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komusikasi dari service provider.Karena jarur komusikasi tidak bisa langsung dimasukan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface.
Pada pembelajaran ini kita akan membahas lebih dalam tentang jaringan berbasis luas ( WAN ). Untuk itu bertsunggu - sungguhlah dalam memahami materi berikut ini dengan saksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilham.

A. Mengenal Jaringan WAN ( Wide Area Network )

a. Pengertian Jartingan WAN 


Pengertian WAN atau Wide Area Network adalah kumpulan komputer dan sumber daya jaringan yang terhubung melalui jaringan wilayah geografis lebih luas. Wide Area Network biasanya terhubung baik melalui internet dengan dibuat pengaturan khusus oleh perusahaan penyedia layanan. Perbedaan WAN, LAN dan MAN karena jarak antara masing-masing jaringan. Dalam WAN satu jaringan bisa saja beberapa ribu kilometer jauhnya bahkan bisa berada di belahan dunia atau negara yang berbeda.
Oleh karena jaringan WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang mencakup wilayah yang luas dan merupakan peluasan jaringan LAN ( Local Area Network ) yang dirancang untuk berhubungan dengan jaringan komputer teritolial yang menyediakan lebih banyak lanyanan dan pengguna yang lebih banyak, maka dapat dikatakan bahwa sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar. WAN mirip dengan sistem jaringan komputer perbankan, dimana ratusan cabang di berbagai kota terhubung satu sama lain untuk berbagi data resmi mereka. Sebuah WAN menggunakan protokol TCP / IP berkombinasi dengan perangkat seperti router, switch, firewall, dan modem.

b.Kekurangan dan Kelebihan Jaringan WAN 

Kelebihan dari jaringan WAN adalah sebagai berikut.
1) Berbagi informasi /file melalui area yang lebih besar.
2) semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
3) mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
4) jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat jarak  yang jauh bisa dilakukan secara cepat.
5) dapat berbagi recources dengan koneksi workstation.

Sedangkan kekurangan dari jaringan  WAN adalah sebagai berikut: 

1) biaya operasional mahal karena maintenannya sangat luas.
2) Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat -alat yang diperlukan juga sangat mahal.
3) Memerlukan firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
4) rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

c. Karakteristik Jaringan WAN 

Karakteristik teknologi jaringan WAN,antara lain: 

1) WAN umumnya menghubungkan perangkat yang di pisahkan oleh wilayah geografis yang lebih luas yang tidak dapat dilayani oleh LAN.
2) WAN menggunakan jasa operator, seperti perusahaan telepon, perusahaan kabel, satelit sistem, dan penyedia jaringan.
3) WAN menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk menyediakan akses bandwidth atas daerah geografis yang luas.

d. Fungsi Jaringan WAN 

Jaringan WAN memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sebuah jaringan WAN (Wide Area Network) antara lain sebagai berikut.

1) mengintegreasikan dan menghubungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu.fungsi utama dari di bangunnya sebuah jaringan luas atau WAN adalah untuk melakukan integrasi dan juga penggabungan dari jaringan LAN dan juga jaringan MAN, menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. biasnya, fungsi ini akan sangat berguna bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang,di luar negeri dan juga diluar kota.Dengan adanya jaringan WAN,maka setiap kantor cabang atau pun kantor perwakilan akan saling terhubung satu sama lain dengan sebuah jaringan komputer yang sangat luas.
2) mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi  fungsi berikutnya dari sebuah jaringan komputer WAN adalah memudahkan dan juga mempercepat arus informasi dan juga komunikasi. seperti contoh sebuah komunikasi dari kantor cabang, perwakilan dan juga kantor pusat. Dapat dibayangkan apa bila kantor cabang yang berada di pulau kalimamntan,harus memintainformasi dari kantor pusat yang berada di pulau jawa. tanpa adanya jaringan terintegrasi WAN, maka tentu saja hal ini berjalan sangat lama dan juga sangat sulit. karena itu, dengan adanya WAN setiap kantor cabang akan lebih cepat dan juga mudah dalam mengakses dan juga memperoleh informasi dari kantor pusat.
3) Meningkatkan Efisiensi perpindahan Arus Informasi Dengan semakin mudahnya arus informasi dan juga transferdata akan lebih memudahkan informasi yang akan datang dan keluar menjadi cepat .


B. Macam-Macam Jenis Koneksi Wide Area Network (WAN)
Teknologi WAN terdiri dari beberapa jenis koneksi, antara lain :
1. Leased Line (dedicated point –to-point)
2. Circuit Switched
3. Packet Switched

1. Dedicated Point to Point
Merupakan link point to point atau koneksi dedicated. Koneksi ini tidak memerlukan proses call setup terlebih dahulu ketika hendak mengirimkan data antar DTE. Mekanisme pengiriman pada koneksi leased line dilakukan secara synchronous serial.Koneksi ini dapat terjadi pada jaringan switching sederhana, jaringan yang dibangun mempunyai banyak koneksi secara fisik, namun untuk operasi dalam satu waktu hanya ada satu fungsi koneksi. Jalur untuk koneksi ini biasanya di-multiplexing-kan, baik dengan menggunakan teknik Frequency Division Multiplexing (FDM) maupun Time Division Multiplexing (TDM). Penerapan di lapangan diimplementasikan dengan menggunakan konsep HDLC dan PPP.


2. Circuit Switching

Pada teknik ini, sebelum pengiriman data dilakukan, terlebih dahulu harus dilakukan proses pembentukan koneksi dengan melakukan prosedur call setup. PSTN dan ISDN merupakan sistem yang menerapkan koneksi circuit switching ini.


3. Packet Switching.



Teknik ini adalah metode WAN switching yang mengijinkan user untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain untuk menghemat biaya. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi Leased Line. Mekanisme pengiriman data di lakukan secara Synchrounous Serial.
Pada beberapa konsep, teknik ini dikenal dengan konsep Store and Forward, dengan teknis penyampaian data dari host pengirim ke host penerima akan dapat terjadi apabila terjadi hubungan antara keduanya baik secara langsung sesuai dengan urutan hop yang direncanakan dalam konsep routingnya, maupun secara tidak langsung dengan mengirimkan data ke tujuan melalui router lain sebagai perantaranya, yang jelas target penyampaian data pada host tujuan harus terjadi.


C. Hierarki Wide Area Network
1. Pengertian
Hierarki WAN (Wide Area Network) adalah suatu tingkatan dimanatingkatan itu mempunyai batas dan fungsinya masing-masing. Hierarki WAN dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu :
Core Layer
Distribution Layer
Access Layer

2. Pengelompokan Hierarki WAN
A.    Core Layer
Core Layer adalah lapisan yang  memberkan layanan  struktur transportasi yang optimal dan dapat diandalkan dalam meneruskan traffic pada kecepatan yang sangat tinggi.
Fungsi dari Core Layer ini adalah :
1. Mengatur traffic [ traffic switching ] ,
2. Mengatur kapasitas traffic dan mengirim traffic dengan cepat dan handal.
Device yang digunakan pada Core Layer ini adalah :
1. Mesin core.vad.id,BSD Minded dipadukan dengan cisco catalyst L3.
2. Router
3. Multiplexer
4. PBX (Private Branch Exchange)

B. Distribution Layer
Distribution Layer adalah lapisan yang terletak diantara access layer dan core layer dan membantu membedakan core jaringan inti dengan jaringan-jaringan yang lain.
Fungsi dari Distribution Layer yaitu :
1. Routing (dalam satu autonomous system)
2. Filtering (dalam satu autonomous system)
3. Service handling
4. Mengendalikan konektivitas /policy
5. QOS (Quality Of Service)
Tugas dari Distribution Layer yaitu routing antar layer atau antar subnet VLAN diAccess Layer. Perangkat distribution layer :
1. Cisco Catalyst 6509
2. Nexus 7000
3. ASA 5500
4. Switch layer 3
5. Firewall
6. Router LAN
7. Bridge
8. Brouter
9. VPN Access Router

C. Access Layer
Access Layer adalah lapisan yang menyuplai trafik ke jaringan dan melakukan network entry control. Para pengguna mengakses jaringan melalui access layer.
Fungsi layer ini melakukan share bandwith,switched bandwith , MAC Layer Filtering , dan Micro segmentation [NAT/subneting].
Device yang digunakan pada Access Layer adalah:
1. Cisco 1900 series integrated services router
2. Cisco 2900 series integrated services router
3. Cisco 3900 series integrated services router
4. Cisco 800 series routers





Sumber:
https://www.exo57.com/2019/10/jaringan-berbasis-luas-wan.html
- http://blog.unnes.ac.id/setyani/2016/04/01/macam-macam-jenis-koneksi-wide-area-networkwan/
- https://muchtarrifai95.wordpress.com/2016/03/10/pengertian-hierarki-wide-area-network-wan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar