Halaman

Senin, 16 September 2019

Pengantar Manajemen


Manajemen adalah salah satu bagian terpenting  dalam suatu perusahaan. Tugasnya sangat krusial dalam suatu organisasi yakni, menentukan dan mengawasi kinerja suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen itu sendiri. Dari sini dapat diketahui bahwa manajemen mutlak diperlukan dalam suatu organisasi karena merupakan pusat kinerja dari organisasi itu sendiri.
Berbagai tugas manajemen itu sendiri di jelaskan lebih lanjut  dalam fungsi manajemen. Fungsi manajemen ini dapat berbeda pada tiap perusahaan tergantung dari penggunaannya. Namun yang utama terdiri dari Planning, Organizing, Leading dan Controlling yang sering disingkat menjadi POLC. Walaupun berbeda-beda, tujuan manajemen dalam suatu organisasi selalu sama yaitu mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Lebih lanjut lagi, yang melatarbelakangi fungsi manajemen ini adalah teori yang dikembangkan oleh Henry Fayol, yakni teori organisasi klasik. Teori ini masih memiliki kekurangan yakni berfokus kepada masalah teknis. Teori manajemen lain yang berkembang dan berusaha melengkapi teori ini adalah aliran tingkah laku manusia yang melihat keberhasilan kinerja  manajemen dapat dicapai dengan memperhatikan dan mengarahkan tingkah laku anggota organisasi.

Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai implementasi dari fungsi  manajemen beserta teori manajemen tersebut dalam  salah satu instansi pemerintah yakni Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN). LAPAN sendiri merupakan adalah Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang bertugas dalam pengembangan tekhnologi dan sains terutama di bidang satelit dan sensor penginderaan jauh.

Download materi pengantar manajemen DISINI!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar