Halaman

Rabu, 25 September 2019

Edubuntu Sebagai Alternative Pembelajaran Pendidikan dengan Menggunakan Komputer


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Dalam mempelajari suatu bidang studi membutuhkan alat atau media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer, agar diharapkan siswa dapat memahami bidang studi tersebut, serta mendapatkan skill dibidang teknologi informasi. Pengajaran dengan bantuan komputer dalam penggunaannya dapat dijadikan sebagai tutor atau sebagai alat multiguna bagi siswa, sedangkan dalam perkembangan remaja, peran komputer dalam experiential learning (belajar melalui pengalaman). Menurut Lepper & Gurtner dalam perkembangan remaja menjelaskan bahwa komputer dapat sebagai medium yang baik untuk proses belajar yang open-ended, exploratory and experiential yaitu terus berkembang bersifat menjelajah dan melalui pengalaman (Santrock.2003:142).


Pengajaran menggunakan komputer juga dapat membantu siswa untuk lebih kreatif serta dapat meningkatkan rasa ingin tahu pada materi pelajaran. Seperti halnya pada bidang studi matematika pada materi fungsi, yang memakai banyak penalaran untuk menggambarkan grafiknya. Suatu gambar grafik fungsi merupakan salah satu informasi yang sangat membantu untuk memahami pemetaan atau fungsi. Fungsi ( f ) akan lebih dipahami bila diketahui gambar grafiknya. Menggambar atau menampilkan gambar grafik fungsi dapat menggunakan media pembelajaran dengan bantuan menggunakan komputer. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak sistem operasi menawarkan berbagai program dan aplikasi untuk pendidikan salah satunya adalah Linux. Linux yang telah banyak mengalami perkembangan mampu membuat berbagai macam aplikasi untuk pendidikan diantaranya adalah Edubuntu. Edubuntu adalah pengembangan dari Linux yang merupakan jenis dari Ubuntu dirancang untuk digunakan dalam ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim education Ubuntu, jika diterjemahkan dalam bahasa bebasnya yaitu pendidikan untuk semua orang. Edubuntu bersifat bebas dan sengaja didesain serta dikembangkan untuk keperluan pendidikan di dunia. Sistem operasi yang dibangun Ubuntu ini mampu melaju di computer dengan spesifikasi prosesor minimum 500 MHz dengan Memori Akses Acak Random Access Memory (RAM) minimum sebesar 128 MB dan ruang kosong minimum di cakram keras (harddisk) sebesar 2,1 GB. Dengan teknologi Linux Terminal Server Project (LTSP), komputer dengan spesifikasi minimum lebih kecil dari yang disyaratkan, tetap bisa mengaksesnya dengan menggunakan jaringan computer (Prihantoosa & Rusmanto, 2006:1).

1.2 Batasan Masalah
  1. kenapa Edubuntu dikatakan sebagai Alternative Pembelajaran Pendidikan dengan Menggunakan Komputer ?
  2. Apakah Tujuan Edubuntu ?
  3. Manfaat dari Edubuntu ?
  4. Apa saja Aplikasi Edubuntu ?
1.3 Tujuan
  1. Mahasiswa mengetahui bahwa edubuntu adalah Alternative Pembelajaran Pendidikan dengan Menggunakan Komputer.
  2. Mahasiswa mengetahui tujuan edubuntu.
  3. Mahasiswa mengetahui manfaat edubuntu.
  4. Mahasiswa mengetahui beberapa aplikasi edubuntu.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Edubuntu Sebagai Alternative Pembelajaran Pendidikan dengan Menggunakan Komputer

Edubuntu adalah sistem operasi pendidikan yang merupakan bagian dari keluargaUbuntu. Ini bertujuan untuk membuat Ubuntu, sistem operasi berbasis Linux yang populer, pilihan yang tepat untuk kebutuhan komputasi anak-anak, siswa, orang tua, guru, dan sekolah. Edubuntu adalah distribusi Linux yang ditargetkan untuk sekolah dan lingkungan pendidikan lainnya. Ini adalah sebuah sistem operasi yang lengkap, yang dibangun pada distribusi Ubuntu yang populer, yang mencakup sebuah office suite, web browser dan aplikasi pendidikan banyak. Edubuntu dirancang untuk seorang guru atau administrator jaringan untuk dapat menyiapkan kelas lengkap dengan cepat dan mudah. Edubuntu adalah system oprasi yang dirancang dengan pendidikan dalam fikiran. Hal ini didasarkan pada ubuntu, system oprasi yang lengkap yang menggunakan kernel linux dan tersedia secara bebas kepada siapun. Sebagai sistem operasi berbasis pendidikan, Edubuntu menyediakan solusi lengkap untuk:
  • Sebuah organisasi atau Departemen Pendidikan yang ingin mengambil keuntungan penuh darimanfaat yang menawarkan perangkat lunak open source ke lingkungan pendidikan.
  • Pendidik dan personil sekolah yang ingin mendirikan Edubuntu dalam lingkungan belajar  jaringan.
  • Home pengguna yang ingin memiliki sistem komputer standalone yang berfokus pada pendidikan bagi anggota rumah tangga muda.Edubuntu mengumpulkan perangkat lunak bebas bersama-sama yang terbaik yang tersedia dan materidigital untuk pendidikan.Sejak Edubuntu didasarkan pada Ubuntu, Edubuntu tim di belakang adalah bagian dari komunitas Ubuntutumbuh. Komunitas Ubuntu dibangun atas dasar cita-cita yang ada di dalam Filosofi Ubuntu:
  • Bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya;
  • Perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka danyang memiliki keterbatasan fisik;
  • Dan bahwa orang harus memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.Untuk alasan ini, Edubuntu membuat komitmen publik berikut bagi masyarakat pengguna di seluruh dunia:
  • Edubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise," kamimembuat karya terbaik kami tersedia bagi setiap orang dengan istilah Bebas yang sama.
  • Kami termasuk yang terbaik dalam terjemahan dan prasarana aksesibilitas yang komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Edubuntu berguna bagi sebanyak mungkin orang.
  • Rilis yang teratur dan dapat di prediksi ; yang baru  di buat setiap enam bulan. Anda dapatmenggunakan stabil yang ada atau rilis pengembangan. Setiap rilis didukung selama sekurangnya18 bulan dan yang dipilih akan didukung hingga 3 sampai 5 tahun pada Long-Term Support(LTS) dasar.
  • Kami berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak open source; kamimendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya, dan menyebarkannya. Edubuntu dimaksudkan bagi siapa saja yang menginginkan sebuah laboratorium komputer yang membuat baik penggunaan perangkat lunak bebas dan terluas berbagai perangkat keras. Hal ini dirancang agar mudah dijalankan dan didokumentasikan dengan baik. Hal ini dapat dijalankan pada murah, komputer IBM-compatible 10 tahun serta merek I64 berbasis sistem baru. Komunitas Edubuntu berkembang bekerja sama untuk berbagi gagasan dan solusi untuk membawa komputasi dan kekuatan komunikasiuntuk guru, siswa dan anggota masyarakat di mana-mana.Salah satu kunci teknologi termasuk adalah Linux Terminal Server Project (LTSP) yang memungkinkan anda untuk boot klien tipis dari server LTSP Edubuntu, untuk lingkungan pendidikan, LTSP menurunkan biaya hardware dengan memungkinkan penggunaan mesin tua atau kurang kuat sebagaiklien tipis, serta administrasi overhead dikurangi dengan memiliki hanya untuk menginstal danmemelihara software pada server. Ketika workstation gagal, itu hanya dapat diganti tanpa kehilangan data atau instalasi ulang sistem operasi.
2.2 Tujuan Edubuntu
  • Anak-Anak : Anak usia pra-sekolah harus memiliki pendidikan dan permainan menyenangkan.
  • Siswa : Siswa, Umur 12 tahun dan seterusnya, harusmemiliki Open Source terbaik perangkatlunak pendidikan yang tersedia.
  • Guru : Para guru perlu alat untuk mengelola kelasmereka harus mudah dipasang dandigunakan dengan keributan yang minimal.
  • Sekolah : Platform pendidikan yang kuat dan hemat biaya untuk sekolah membawa pendidikanke dalam abad ke-21.
2.3 Beberapa manfaat dari Edubuntu

Cocok
Kebanyakan jaringan komputer pendidikan adalah heterogen, yang terdiri dari berbagai macam sistem operasi, dan kadang-kadang sulit untuk mengkonfigurasi mereka untuk bekerja sama. Edubuntu bermain baik dengan orang lain.Edubuntu server bahagia bisa hidup berdampingan pada jaringan yang sama dengan sistemoperasi lain. OpenOffice.orang dapat membuka dan menyimpan banyak format office suite komersial. Anda bahkan dapat menginstal Edubuntu dan sistem operasi lain pada komputer yang sama. Perlu untuk berbagi file antara Edubuntu dan sistem operasi lain atau menyambung keserver jauh? Edubuntu tidak itu juga.Para pengembang Edubuntu bekerja keras untuk memastikan bahwa Edubuntu adalah system oprasi yang paling kopatibel.

Aman
Keamanan telah menjadi tantangan utama bagi para pendidik dan tim balik edubuntu menyadari hal ini. Sering sekolah kekurangan staf TI khusus atau waktu untuk mengunci dan membersihkan komputer.Edubuntu, menjadi sistem operasi berbasis Linux, menikmati keuntungan keamanan dari warisanyang mirip Unix sumber dan terbuka. Hal ini berarti kode kualitas yang lebih tinggi dan kurang spyware dan virus dari wabah system oprasi lain. Di samping itu, ia memiliki kebijakan, keamanan yang ketat proaktif artinya banyak masah umum seperti port terbuka atau perangkat lunak terkonfigurasi, tidak membuatnya menjadi produk dirilis. Akhirnya, itu adalah sistem operasi multi-user yang benar, sehingga mudah untuk memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan tugas mereka tanpa memiliki tingkat akses yang dapat membahayakan sistem.

Dikelola
Dengan guru dan sekolah departemen TI penggelaran dan administrasi semakin banyak computer,  sulit untuk mencari waktu untuk mengelola mesin individu. Edubuntu, dengan pilihan untuk menggunakan teknologi LTSP thin client, membuat penyebaran dan manajemen sederhana dan mudah. Sebuah server tunggal adalah semua yang diperlukan untuk mengatur, mengelola dan administrate seluruh jaringan. Tim Edubuntu juga mengakui bahwa tidak setup setiap sekolah adalah sama, sehingga mereka sudah membuat Edubuntu mudah menyesuaikan untuk kebutuhan unik Anda.

Biaya Efektif
Dengan permintaan yang semakin meningkat pada anggaran sekolah, teknologi mahal seringterakhir dalam daftar. Edubuntu dapat membantu Anda menawarkan apa siswa Anda semakinmembutuhkan dari teknologi komputer, tanpa melanggar bank. Edubuntu akan selalu bebas untuk diperoleh, menggunakan dan memodifikasi. Dengan Edubuntu Anda tidak akan lebih mahal upgrade OS dan lisensi, dan memiliki program khusus. Ketika Anda membangun jaringan Anda pada perangkat lunak Open Source, Anda dibebaskan untuk mencari dukungan untuk komputer Anda dari siapa pun yang Anda inginkan. Edubuntu juga dapat membantu Anda menghemat biaya perangkat keras, dengan memungkinkan anda untuk memindahkan mesin tua sebagai teknologi thin client menggunakan LTSP.

Didukung dengan Baik
Dukungan Edubuntu tersedia baik dari masyarakat Edubuntu dan komunitas Ubuntu yang lebih besar. Banyak penulis perangkat lunak yang di sertakan dalam Edubuntu, termasuk para pengembang Edubuntu sendiri, dapat dihubungi langsung melalui milis dan kanal IRC. Ada banyak bentuk dukungan yang tersedia, termasuk mailing list, situs Wiki, channel IRC, dan pelacak bug. Ada juga kelompok pendukung khusus untuk menggunakan Edubuntu di sekolah-sekolah. beberapa uang yang akan pergiuntuk membeli perangkat lunak bukannya dapat dikeluarkan untuk menyewa tenaga ahli lokaluntuk membantu melatih Anda, dan membantu Anda mendukung jaringan Anda. Edubuntu dapat membantu Anda mengambil kontrol yang lebih jaringan besar,  ekonomi lokal Anda juga diuntungkan. Dengan Edubuntu, pilihan ini menjadi milik Anda.

Dibangun untuk Pendidikan
Edubuntu diatur terpisah dari sistem operasi lain dengan fokus teguh pada kebutuhan pendidikan pelajar di seluruh dunia. Moto Edubuntu adalah "Linux untuk Young Manusia. Edudubuntu di lengkapi dengan terjemahan untuk banyak bahasa dan fitur lokalisasi yangmemungkinkan orang dari seluruh belahan dunia untuk menikmati pengalaman komputasi mereka. fitur aksesibilitas Edubuntu's berusaha untuk menyediakan pengalaman komputasi yang menyenangkan. LiveCD Edubuntu memudahkan bagi siswa untuk boot komputer rumah mereka sementara ke Edubuntu dan menggunakan aplikasiyang sama persis yang mereka gunakan di sekolah. Perangkat lunak server LTSP memungkinkan guru dan administrator untuk menciptakan laboratorium computer biaya rendah sehinggamahasiswa dapat memiliki akses ke kesempatan pendidikan yang Edubuntu dan internet mampumenyediakan.

2.4 Beberapa Aplikasi Edubuntu (Standard dan Untuk Pembelajaran)
Edubuntu datang dengan pra-instal office suite yang lengkap, mengajar dan belajar program, sumber daya pra-sekolah dan masih banyak lagi di berbagai kategori. Berikut adalah ringkasan singkat dan beberapascreenshot untuk paket-paket Edubuntu paling populer, dan jika Anda membutuhkan lebih, Edubuntumemiliki ribuan aplikasi tambahan yang siap untuk Anda install.

Office Suite
OpenOffice  adalah office suite yang lengkap mirip dengan lainnya, suite kantor komersial. Ini fitur  pengolah kata, serta spreadsheet, presentasi, menggambar, database, dan aplikasi rumus matematika.OpenOffice dapat membuka dan mengkonversi dokumen paling dari kantor komersial lainnya suite dan memiliki dukungan untuk bahasa yang berbeda.

Internet
Firefox adalah penerus luar biasa untuk browser Mozilla yang sangat populer. Di antara fitur banyak  perusahaan tabbed browsing, yang membuat tampilan beberapa situs angin, pop-up, live bookmarks dandukungan aksesibilitas yang besar. Kombinasikan ini dengan mesin kustomisasi fantastis dan Andamemiliki paling ampuh web browsing di ujung jari Anda.Bergerak di luar browser web sederhana, Edubuntu juga dilengkapi dengan klien email dan manajer informasi pribadi, Evolution. Video conferencing dengan Ekiga serta instant messaging dan chattingdengan Gaim menyediakan alat komunikasi guru dan siswa perlu di zaman internet.

Grafis
XSane menyediakan antarmuka yang mudah digunakan. Pemodelan dan animasi 3D adalah Blender yang khusus. Mengedit Gambar mirip dengan editor foto profesional lainnya dilakukan dengan menggunakan GIMP. Scribuscapabilites menyediakan tata letak dan penerbitan.

Suara dan Video
Untuk semua video dan memutar audio dan kebutuhan mengedit, Edubuntu menyediakan beberapa program termasuk Rhythmbox untuk memainkan musik dan Serpentine untuk membakar CD audio. Sound Juicer CD audio track robekan ke komputer Anda. Totem adalah video yang sangat baik dan pemutar film dan Anda dapat menggunakan Kino untuk mengedit klip video. Sound Recorder dapatdigunakan untuk merekam klip audio ke komputer Anda.

Ilmu pengetahuan
  • Jelajahi bintang
KStars adalah Desktop Planetarium yang menyediakan simulasi grafis yang akurat dari langitmalam. Program ini mencakup rincian untuk 130.000 bintang, objek 13.000 deep-langit dansemua planet. KStars memiliki antarmuka yang mudah digunakan, sehingga dapat digunakan oleh semua orang, dari amatir sampai para ahli astronomi. Anda juga akan menemukan banyak informasi umum mengenai astronomi teleskop dan materi lain yang terkait.
  • Penelitian tabel
Periodik Kalzium adalah sebuah paket untuk menemukan dan meneliti informasi tentang tabel periodik dan unsur-unsur. Hal ini termasuk gambar untuk sebagian besar elemen ini 111, bersama denganinformasi lebih rinci termasuk model atom, analisis spektrum, data kimia dan energi.
  • Uji keterampilan kimia Anda
Atomix adalah permainan puzzle, dengan tujuan yaitu membentuk molekul ditampilkan dari potongan-potongan yang tersebar di seluruh tingkat. Anda hanya dapat memindahkan mereka keatas, bawah, kiri dan kanan dan mereka tidak berhenti bergerak sampai mereka memukul sesuatu.
  • Matematika
Program LogoKTurtle adalah juru bahasa pemrograman Logo. Logo bahasa pemrograman sangat mudahdipelajari dan dengan demikian dapat digunakan oleh anak-anak muda. Sebuah kualitas yang unik dari Logo adalah bahwa perintah atau instruksi bisa diterjemahkan, sehingga programmer '' dapatmemprogram dalam bahasa asli-nya. Hal ini membuat ideal Logo untuk mengajari anak-anak dasar pemrograman, matematika dan geometri. Salah satu alasan mengapa banyak anak yang hangat untuk Logo ini disebabkan oleh fakta bahwa ikon diprogram adalah kura-kura kecil, yangdapat bergerak di sekitar layar dengan perintah-perintah sederhana dan bisa diprogram untuk menggambar objek.
  • Buat konstruksi geometrik
KIG adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan guru dan siswa untuk menciptakan konstruksigeometri presisi tinggi. Ini dapat dibangun dan digunakan untuk menjelaskan konsep-konsepseperti garis-berat tegak lurus, garis singgung dan busur.
  • Plot persamaan matematika
KmPlot adalah fungsi matematika grafik dan merencanakan paket. KmPlot memiliki built in parser ekspresi yang sangat kuat dan Anda bisa plot fungsi yang berbeda secara simultan dan menggabungkan istilah mereka untuk membangun fungsi matematika yang lebih kompleks. Mendukung fungsi dengan parameter dan fungsi dalam koordinat polar. Plot juga dapat dicetak dengan presisi tinggi.
  • Menghitung persentase
KPercentage adalah aplikasi matematika yang membantu siswa meningkatkan keterampilanmereka dalam menghitung persentase. Persentase dibagi menjadi tiga jenis dan tes KPercentage siswa pada hari ini, dan 3 mode pelatihan. Selain itu, ada mode acak yang akan memilih pertanyaan dari masing-masing tigaa variasi persentase pertanyaan
  • Praktik Fraksi
KBruch adalah sebuah program kecil untuk membantu siswa praktek perhitungan melibatkan fraksi. Ada empat jenis latihan fraksi:
  1. Latihan Tugas Fraksi, dimana siswa harus menyelesaikan tugas yang diberikan fraksi.
  2. Latihan Perbandingan; di mana siswa harus membandingkan ukuran 2 diberikan fraksi.
  3. Latihan Konversi, dimana siswa harus mengkonversi nomor yang sudah diberikan kedalam sedikit.
  4. Latihan Faktorisasi, dimana siswa harus pd nomor yang diberikan menjadi faktor utamanya.
  • Bermain di Matematika
TuxMath adalah permainan arcade pendidikan dibintangi Tux, maskot Linux? Berdasarkan arcade game klasik “missile command”, tux harus mempertahankan kota itu dengan memecahkan masalah aritmatika.
Gambar
  • Tux Paint
Tux Paint adalah sebuah program gambar gratis yang dirancang untuk anak-anak muda. Programini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dengan efek suara yang menyenangkan danmendorong maskot kartun yang memberikan bantuan kepada anak-anak saat mereka sedangmelukis.
  • Menghasilkan
FraktalXaos adalah generator fraktal dengan seluruh host fitur ekstra untuk mengajar siswa tentang pola- pola fraktal.
Bahasa
  • Praktik Spanyol verba
Dengan KVerbos Anda dapat berlatih konjugasi kata kerja Spanyol. Program ini hadir dengan set besar lebih dari 9.000 verba Spanyol yang dapat Anda pilih untuk memulai pelatihan dari katakerja Anda. Paket itu juga melacak skor sebelumnya sehingga murid dapat mengidentifikasi dimana kekuatan dan kelemahan. Bebrapa latihan juga memiliki batas waktu untuk meningkatkan tingkat kesulitan untuk pengguna tingkat lanjut.
  • Play Hangman
KHangman adalah permainan algojo klasik dengan murid mencoba menerka kata, huruf demi huruf. Pada setiap kehilangan,gambar algojo yang akan di tambahkan ke.setelah 10 benar mencba permainan berakhir.
Keterampilan Dasar
  • Menghasilkan dan memberikan tes
KEduca adalah paket pengujian pendidikan, memungkinkan para guru untuk membuat tes bagisiswa untuk mengambil. KEduca termasuk modul untuk membangun dan menyimpan tes baru,serta sebagai modul terpisah untuk loading dan menjalankan ujian. Pertanyaan dapat ditingkatkandengan gambar, pilihan ganda jawaban dengan nilai yang bervariasi, dan batas waktu.
  • Pelajari sentuhan mengetik
KTouch membantu murid untuk belajar untuk mengetik cepat dan benar. Dengan berbagai modedan pelaporan rinci, KTouch benar-benar membuat belajar mengetik dengan mudah menyentuh.
  • Gcompris
Gcompris adalah suite dengan lebih dari 80 permainan pendidikan dan kegiatan untuk anak-anak usia 4-10 untuk belajar dengan. Ini termasuk:
  1. Komputer penemuan: keyboard, mouse.
  2. Aljabar: tabel memori, pencacahan, tabel entri ganda, gambar cermin.
  3. Ilmu: kunci kanal, siklus air, kapal selam, simulasi listrik.
  4. Geografi: menempatkan negara pada peta.
  5. Games: catur, memori, sambung 4, oware, sudoku.
  6. Membaca: latihan membaca.
  7. Lain: belajar kirim ke waktu, teka-teki lukisan terkenal, gambar vektor.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu adalah officially supported derivative Ubuntu yang didesain secara khusus untuk keperluan pendidikan. Sesuai dengan tujuan penggunaannya, Edubuntu secara default memuat banyak perangkat lunak aplikasi untuk pendidikan meliputi GCompris, KDE Edutainment Suite, dan Schooltool calendar.
Edubuntu dikembangkan untuk membantu para guru dengan pengetahuan teknis dan skill komputer yang terbatas untuk membuat sebuah lab komputer atau menciptakan dan mengelola sebuah online learning environment.

3.2 Saran
Jika makalah ini memiliki kesalahan kami mohon keritikannya demi kesempurnaan makalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar